Senin, 01 Oktober 2012

Hari Batik Nasional



Hari ini 2 Oktober 2012, bangsa Indonesia memperingati memperingati Hari Batik Nasional yang ke 3 Tahun. Karna tepatnya pada 2 Oktober 2009, batik diresmikan oleh UNESCO sebagai ‘Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi’ mikin Indonesia.
Bicara tentang batik, tidak akan terlepas tentang etimologinya. Batik, berasal dari dua kata yaitu kata ‘ngembat disingkat mbat’ dan titik disingkat tik’. Kedua kata ini bermakna ‘melontarkan titik’. Artinya, kegiatan membatik sama dengan melemparkan atau melontarkan titik demi titik pada sebuah media kain
Perkembangan Batik telaha da ssejak zaman Majapahit dan pada masa awal persebaran Islam di tanah Jawa. Pada awalnya, batik bersifat eksklusif yang hanya dibuat dan dikenakan untuk kalangan keratin atau kaum atas saja. Namun seiring dengan perjalanan waktu, penggunaan batik meluas hingga ke kalangan rakyat jelata.
Perkembangan batik kini sudah sangat pesat. Terbukti pada tahun 1960-an, penggunaan baju batik dilakukan sebagai pakaian resmi non-Barat khas Indonesia. Dan kini, ia tidak hanya dianggap sebagai pakaian resmi atau formal dan bukan juga pakaian kolt yang hanya digunakan oleh kalangan tua saja dan dipakai ketika ada upacara adat atau resepsi.
Inovasi demi inovasi, membuat kalangan muda tidak hanya tak malu dengan batik, tetapi juga bangga mengenakannya. Ketika memakai batik kita mampu merasakan kebanggaan terhadap Indonesia di dalamnya.
Salah satu identitas bangsa Indonesia adalah batik itu sendiri, karna batik adalah warisan nenek moyang yang harus kita jaga dan lestarikan bersama. Memakai batik, adalah menjadi Indonesia yang sesungguh-sungguhnya Indonesia.


Gambar Corak Batik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar