Jumat, 16 Maret 2012

PROFIL PERPUSTAKAAN MTs NEGERI 1 SERANG


 A.   PENDAHULUAN
Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang bergabung pada sekolah dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah yang bersaangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya… (Sulistyo Basuki, 1993). Disamping itu dalam penjelasan Undang-Undang Pendidikan Nasional disebutkan bahwa salah satu sumber selajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya visi dan misi sekolah.
Perpustakaaqn sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak khususnya kepala sekolah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah. Dan tidak lagi dianggap sebagai tempat penyimpanan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain saat KBM tidak ada. Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik. Sehingga dalam hal ini perpustakaan mencoba menerapkan beberapa program  yang diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge dapat terealisai.
       
B.   SEJARAH
Perpustakaan MTs Negeri 1 Serang pertama kali di dirikan pada tahun 1985 seiring dengan pendirian bangunan sekolah yang berlaih lokasi ke Penancangan sebelah timur Serang di Jl. Bhayangkara No. 84 Kel. Sumur Pecung Kota. Serang Provinsi Banten. Ruang Perpustakaan pada saat itu merangkap di ruang guru dikarnakan keterbatasan dana dan ruangan yang ada.
Dalam menapaki perkembangan, Perpustakaan ini juga telah mengalami pergantian pimpinan sebagai Kepala Perpustakaan Yaitu :
1.    Disaat Kepala Madrasah Drs. H. HASBIUN MUSLIH (Tahun 1979 s/d 1982)
2.    Disaat Kepala Madrasah Drs. UMAR S (Tahun 1982 s/d 1993)                       Kepala Perpustakaan dijabat oleh M. RALI (Tahun 1986 s/d 1991)               dan dilanjutkan oleh JUNAEDI (Tahun 1991 s/d 1993)
3.    Disaat Kepala Madrasah Drs. H. HASBIUN MUSLIH (Tahun 1993 s/d  1996)      Kepala Perpustakaan dijabat oleh JUNAEDI (Tahun 1993 s/d 1996)
4.    Disaat Kepala Madrasah HABIB MAHMUD, BA (Tahun 1996 s/d 1999)            Kepala Perpustakaan dijabat oleh JUNAEDI (Tahun 1996 s/d 1999)
5.    Disaat Kepala Madrasah Drs. H.M. FATHURRAHMAN (Tahun 1999 s/d 2002)       Kepala Perpustakaan dijabat oleh JUNAEDI (Tahun 1999 s/d  2002)
6.    Disaat Kepala Madrasah Drs. H. AKHMAD FAUZI (Tahun 2003 s/d 2006)        Kepala Perpustakaan dijabat oleh JUNAEDI (Tahun 2003 s/d 2004)              dan dilanjutkan oleh HERMAN (Tahun 2004 s/d 2005) dan dilanjutkan kembali oleh JUNAEDI, S.Pd.I (Tahun 2005 s/d  2006)
7.    Disaat Kepala Madrasah Dra. HJ. ROSYATI, M.Pd (Tahun 2006 s/d  2010)
Kepala Perpustakaan dijabat oleh JUNAEDI, S.Pd.I (Tahun 2006 s/d  2009)      dan dilanjutkan oleh SINTA WAHYUNI (Tahun 2009 s/d  2010)
8.     Disaat Kepala Madrasah Drs. FARID WAZDI (Tahun 2010 s/d  Sekarang)        Kepala Perpustakaan dijabat oleh JUNAEDI, S.Pd.I (Tahun 2010 s/d  Sekarang)

C.   DASAR HUKUM
a. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional;
b. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan;
c. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan.

D.   VISI
Perpustakaan yang diminati, disenangi, dikagumi, dan menjadi kebanggaan warga MTs Negeri 1 Serang.

E.   MISI
a.    Penataan dan penciptaan ruangan yang nyaman dan menyenangkan;
b. Optimalisasi fungsi, tugas, dan tanggung jawab seluruh elemen perpustakaan;
c.    Mewujudkan budaya senang di perpustakaan;
d.    Mewujudkan budaya baca yang efektif dan menyenangkan.

F.   TUJUAN
a.  Menjadi perpustakaan sekolah tingkat SLTP/MTs terdepan di banten serta sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegiatan belajar mengajar dan merealisasikan visi, misi, serta suksesnya kegiatan KBM di sekolah.

G.   FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Perpustakaan berfungsi sebagai pusat belajar mngajar, pusat informasi, dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di MTs Negeri 1 Serang, perpustakaan berperan sebagai:
a.    Wadah atau wahana pengetahuan, adminsitrasi, dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunanya;
b.    Suber rujukan(Reference center) Siswa, Guru, Kepala Sekolah, Tenaga Bimbingan, Tenaga Adminstrasi, dan element yang berada di bawah naungan MTs Negeri 1 Serang;
c.    Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar;

H.   SASARAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
a.    Anggota Perpustakaan yang terdiri dari Siswa-siswi, Dewan Guru, dan Staf Tata Usaha MTs Negeri 1 Serang;
b.    Kepala Sekolah MTs Negeri 1 Serang.

I.   JENIS-JENIS LAYANAN PERPUSTAKAAN
a.    Peminjaman berbagai jenis buku pelajaran, agama, pengetahuan umum, sastra, cerpen, novel, kamus, dll.

J.   SRUKTUR PENGELOLA PERPUSTAKAAN
a.    Pengarah             Drs. FARID WAZDI
(Kepala MTs Negeri 1 Serang)
b.    Kepala Perpustakaan  JUNAEDI, S.Pd.I, M.MPd
c.    Pustakawan           NIKMATULLAH, S.E



1 komentar: