Rabu, 14 Maret 2012

Bacaan Mading Perpus


11 Manfaat Membaca

Bagi anda yang gemar membaca atau pun hanya sekedar membaca, pastinya tahu bahwa membaca itu banyak manfaatnya. Yang paling utama kenapa kita diharuskan membaca, karena merupakan perintah Allah SWT.
Dalam Al-Qur’an surat Al-‘Alaq (96) ayat 1, lafalnya  Iqro’bismi robbikal-ladzi kholaqo “ yang artinya “ Bacalah dengan nama Tuhanmu yang Menciptakan.“ Lantas membaca apa? Dikatakan dalam Al-Qur’an surat Al-Muzzamil (73) ayat 20, lafalnya “…Faqro-u ma tayassaro minal-qur’an…” yang artinya “…Maka bacalah apa yang mudah (bagi kalian) dari Al-Qur’an…”.
Dalam Al-Qur’an terkandung ayat-ayat Allah dan ayat-ayat Allah tidak hanya ada di dalam Al-Qur’an. Dikatakan dalam Al-Qur’an surat Ar-Rum (30) ayat 20, lafalnya “ Wa min ayatihi an kholaqokum min turobin tsumma idza antum basyarun tantasyirun “ yang artinya “ Dan sebagian dari ayat-ayat Allah adalah Dia menciptakan kalian dari tanah lalu kalian (menjadi) manusia yang berkembang biak” dan ayat-ayat yang lain yang semisal dengan ayat ini menunjukkan bahwa makhluk (ciptaan) Allah adalah juga ayat-ayat Allah.
Sehingga dari ayat-ayat itu dapat ditarik hikmahnya bahwa perintah membaca yang dimaksud dalam surat Al-‘Alaq (96) ayat 1 itu adalah perintah membaca ayat-ayat Allah baik yang ada di dalam Al-Qur’an maupun yang ada di alam semesta yakni berupa makhluk-makhluk-Nya. Maka dengan demikian “membaca ayat-ayat Allah” adalah termasuk suatu amal Islami (amalu sholeh).  [Dan buku yang terbaik, tertinggi dan paling berharga adalah Kitab suci Al-Quran]
Nah, berikut inilah ke-11 faedah membaca:
1.    Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan.
2.    Ketika sibuk membaca, sesorang terhalang masuk dalam kebodohan.
3.    Kebiasaan membaca membuat orang terlalu sibuk untuk bisa berhubungan dengan orang2 malas dan tidak mau bekerja.
4.    Dengan sering membaca, seseorang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.
5.    Membaca membatu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir.
6.    Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman.
7.    Dengan sering membaca, seseorang dapat mengambil manfaat dari pengalama orang lain, seperti mencontoh kearifan orang bijaksanan dan kecerdasan para sarjana.
8.    Dengan sering membaca, seseorang dapat mengembangkan kemampuannya baik untuk mendapat dan merespon ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari disiplin ilmu dan aplikasi didalam hidup.
9.    Keyakinan seseorangakan bertambah ketika dia membaca buku-buku yang bermanfaat, terutama buku2 yang ditulis oleh penulis-penulis muslim yag saleh. Buku itu adalah penyampai ceramah terbaik dan ia mempunyai pengaruh kuat untuk menuntun seseorang menuju kebaikan dan menjauhkan dari kejahatan.
10.Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia.
11.Dengan sering membaca, seseorang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai model kalimat, lebih lanjut lagi ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan untuk memahami apa yang tertulis “diantara baris demi baris” (memahami apa yang tersirat).
Semoga bermanfaat sehingga memotivasi kita semua untuk lebih giat lagi membaca... Never Stop for Learning..!!



Islam Tak Pernah Menjadi Musuh Budaya

Kamis, 15 Maret 2012 07:04 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Guru besar hadis Institut Ilmu-Ilmu al Qur'an (IIQ) Jakarta, Ali Mustafa Yakub, menegaskan Islam tidak pernah memusuhi seni dan budaya yang berkembang di tengah masyarakat. Ia juga mengatakan bahwa seni seperti bernyanyi atau menari diperbolehkan dalam Islam selama tidak melanggar rambu-rambu yang diharamkan.
''Pada prinsipnya dalam hubungan muamalah, kegiatan seni itu diperbolehkan sepanjang tidak ada dalil yang melarangnya,'' kata Ali pada seminar bertajuk Seni Islam dan Kebutuhan Industri dari Masa ke Masa di Jakarta, Rabu (14/3).
Ali mengatakan, suara perempuan yang bernyanyi bukan bagian dari aurat. Pendapat itu didasari karena pada masa hidupnya nabi Muhammad pernah berbicara dengan wanita lain. ''Ini pendapat dari ulama yang kuat,'' katanya. ''Suara perempuan itu bukanlah aurat sehingga lelaki yang bukan mahromnya boleh saja mendengarkan.''
Rambu-rambu yang mengharamkan di dalam Islam itu, kata Ali, jika seorang wanita tampil di depan umum dengan menari berbusana yang melanggar aurat. Lalu tarian itu menjadi haram, kata imam besar masjid Istiqlal ini, jika dilakukan di hadapan lelaki yang bukan mahromnya. ''Beda halnya jika perempuan tanpa busana itu menari di depan lelaki yang menjadi mahromnya.''
Ia kemudian menyimpulkan, semua hal yang datang dari nabi dan berkaitan dengan agama maka harus itu menjadi wajib untuk diikuti. Sebaliknya jika berkaitan dengan seni budaya maka hal tersebut bersifat bebas dari ketentuan haram.
Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Cholil Ridwan, mengatakan, Islam mempunyai kebudayaan. Kebudayan Islam itu kemudian hadir untuk menyelamatkan manusia dari keterpurukan moral.
Dalam pengantarnya, Cholil juga menyatakan bahwa seni adalah salah satu fitrah dasar umat manusia. ''Seni adalah keindahan dan pada dasarnya fitrah lurus umat manusia untuk mencintai keindahan,'' katanya.
Oleh karena itu, Cholil menegaskan, Islam tidak hanya mengakui fungsi seni saja. ''Akan tetapi juga mengakui keberadaannya sebagai sesuatu yang tak terpisahkan dari diri manusia.''
Ia juga mencontohkan budaya Islam yang paling bersejarah dan menonjol adalah bahasa. Budaya Islam itu, kata Cholil, adalah bahasa Arab yang tercermin melalui Alquran.
''Bahasa itu ibunya budaya. Bahasa Indonesia ini lebih dari 50 persen berasal dari bahasa Arab. Ini artinya bahasa Indonesia itu merupakan sumbangsih Islam buat bangsa Indonesia,'' paparnya.
Kritik Karya Islam Secara terpisah sineas senior Deddy Mizwar justru menyampaikan kritik terhadap karya seni yang tercermin lewat film. Menurut Tokoh Perubahan Republika ini, sekarang masih banyak karya berupa film maupun sinetron yang hanya menjadikan Islam sebagai simbol. Karya-karya tersebut ternyata belum mampu menyampaikan pesan secara Islami.
''Soalnya yang memproduksi karya-karya tersebut bukan orang Islam, tapi tontonan yang dijualnya diklaim tontonan Islami. Itu artinya tontonan semacam itu hanya sebagai barang dagangan saja,'' kata Deddy.
Deddy mengakui saat ini film maupun sinetron berbalut religi Islami memang sangat banyak bermunculan. Sayangnya, kata dia, tujuan yang hendak disampaikan oleh para pembuatnya bukan untuk mengkampanyekan Islam. ''Ini salah satu tantangan yang berat,'' ujarnya.
Tantangan lainnya yang dihadapi, kata Deddy, masih ada kecenderungan umat Islam sekarang ini kurang mau membicarakan agamanya sendiri menjadi sebuah tema cerita yang menghibur. Kondisi ini, sambungnya, tak lepas juga dengan masih minimnya pembuat naskah skenario yang benar-benar mengerti dan mengenal apa itu Islam.
''Pertanyaannya juga apakah umat Islam itu mau ngak bicara agamanya sendiri. Apa kita hanya mau menjadi penonton atau konsumen selamanya saja?'' kata pria yang juga menjadi produser serial Para Pencari Tuhan ini. 
Redaktur: Hazliansyah
Reporter: Mohammad Akbar





Setiap manusia pasti pernah mengalami dengan namanya "lupa". Lupa memang penyakit yang wajar, dan pasti akan kita alami. Tidak tertutup kemungkinan penyakit lupa ini akan mewabah ke orang-orang yang masih tergolong muda. Walau sudah berusaha untuk mengingat akan sesuatu, namun penyakit ini bisa saja menyerang kita.
Contohnya saja, benda yang sering pegang seperti handphone, dompet, kunci kendaraan dll. yang kita sendiri lupa menaruh dimana benda itu terakhir kita menaruhnya. Tidak perlu khawatir lagi, karena saya akan mencoba membantu anda untuk mengatasi kelupaan.
1. Daya ingat
Cara melatih daya ingat kita bisa berbagai cara. Cara kali ini saya akan ajarkan cara yang umum yang bisa anda praktek-kan. Caranya adalah dengan sering banyak membaca, atau mengerjakan soal-soal teka-teki silang. Selain itu cobalah untuk mengingat kembali apa yang anda baca atau jawaban-jawaban dari soal-soal teka-teki silang tadi.
2. Lakukan kebiasaan berulang-ulang
Maksudnya dengan menaruh sesuatu yang sering anda lupakan, pada tempat dan posisi yang sama. Lakukan hal ini setiap hari dan berulang-ulang kali. Hingga akhirnya anda dapat mengingat benda tersebut.
3. Tempelkan sebuah kertas
Dengan kertas tersebut tulislah hal-hal yang akan anda lakukan pada hari ini atau besok. Tulis juga posisi benda yang ingin anda simpan, dan tempelkan kertas tersebut pada kaca lemari anda.


4. Manfaatkan Alarm
Aktifkan jam tertentu pada alarm di handphone anda dan beri pesan di alarm anda. Ini agar dapat membantu anda untuk lebih mengingatkan kembali hal yang harus anda lakukan.
5. Olahraga dan istirahat yang teratur
Semakin rutinnya anda olahraga dan di iringi dengan istirahat yang teratur. Maka ini dapat membuat mempelancar aliran oksigen ke dalam otak anda.
6. Makan-makanan penjaga daya ingat
Makanan-makanan tersebut tidak perlu mahal. Makanan yang dapat membantu daya ingat anda seperti minyak ikan, tomat, kacang-kacangan, brokoli dll. Makanan tersebut dapat membantu anda dalam menjaga daya ingat anda.
7. Orang terdekat
Ini adalah cara terakhir saya jika saya takut akan lupa sesuatu. Orang terdekat seperti keluarga, teman, atau pacar, bisa membantu anda dalam mengingatkan anda. Minta bantuan kepada mereka untuk menolong anda mengingatkan sesuatu.

Cara-cara diatas bisa saya nilai cukup ampuh. Jadi jika anda masih mengalami namanya kelupaan, jangan pernah cepat panik. Konsultasilah kedokter dan periksalah kesehatan anda.



Pertemuan Cikeas Belum Capai Putusan Soal BBM

Rabu, 14 Maret 2012 23:40 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Hampir empat jam pertemuan para petinggi partai koalisi di Cikeas, tetapi tak ada keputusan pasti mengenai kesepakatan dalam mengusung kenaikan harga BBM. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjelaskan pertemuan tersebut sifatnya memberikan penjelasan kepada partai koalisi dan menerima masukan dari partai-partai yang ada.
"Pertemuan tadi terjadi dengan konstruktif disamping saya dan pemerintah menjalaskan tentang perekonomian terkini dan kenapa dilakukan policy respon dan rencana-rencana tentang APBN-P. Saya juga berikan kesempatan kepada pimpinan parpol untuk menyampaikan pandangan dan rekonmendasinya," katanya Rabu malam sekitar pukul 22.30.
Pandangan dan usulan dari semua parpol koalisi dinilainya baik dan konstruktif. SBY juga menginginkan agar semua pihak menjalankan konstruksi dan menyelamatkan perekonomian Indonesia dari tekanan yang ada.
Namun, ia menegaskan forum yang dilakukan tidak menggantikan forum yang diamanatkan UU, yakni pembahasan di DPR. "Jadi sekali lagi, keputusan tidak pada forum konsultasi ini. Tapi pada UU yang berlaku," katanya.
Meskipun demikian, lanjutnya, pemerintahan yang dibangunnya adalah pemerintahan yang dibangun bersama parpol. "Jadi bagaimana pun ada misi bersama parpol untuk merumuskan kebijakan yang baik dan setelah diputuskan nanti dikawal dan diamankan agar berjalan dengan baik," katanya.
Dalam pertemuan tersebut, semua Ketua Umum serta Sekjen partai koalisi hadir disamping menteri-menteri terkait. Tampak dalam konferensi pers, Wapres Boediono, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri ESDM Jero Wacik, Menteri Keuangan Agus Martowardojo. Ketum Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketum PPP Suryadharma Ali, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Presiden PKS Lutfi Hasan Ishaq, ketum PD Anas Urbaningrum, Sekjen PD Edhie Baskoro
Redaktur: Dewi Mardiani                                           
Reporter: Esthi Maharani                                           


Serang, 15 Maret 2012
Perpustakaan MTsN 1 Serang

                                                                                       ttd,

Nikmatullah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar